CONMEBOL Mengkritik Skorsing Platini

CSF tidak setuju dengan skorsing sementara Michel Platini
Platini telah mengajukan banding atas skorsing

Badan sepakbola Amerika Selatan CONMEBOL mengatakan skorsing yang dijatuhkan kepada Presiden UEFA, Michel Platini adalah salah dan membuat pemilihan presiden FIFA berada dalam bahaya.

Platini telah mengajukan banding atas skorsing 90 hari yang dikenakan kepadanya oleh FIFA di tengah penyelidikan korupsi yang sedang berlangsung yang melibatkan badan sepak bola dunia tersebut. Platini dan Presiden FIFA Sepp Blatter pada awalnya menerima skorsing tersebut pada hari Kamis – Blatter diduga telah membuat “pembayaran tidak sah” kepada Platini di tahun 2011. Keduanya menyangkal telah melakukan kesalahan, dan CONMEBOL menyatakan Platini perlu diperlakukan sebagai tidak bersalah sampai terbukti bersalah, menambahkan bahwa sanksi tersebut “tidak pada waktunya dan tidak proporsional”.

” Confederacion Sudamericana de Futbol (CSF) tidak setuju dengan keputusan skorsing sementara terhadap calon presiden FIFA Michel Platini dari semua kegiatan yang berhubungan dengan sepak bola,” demikian pernyataan tersebut. “Sangat penting bahwa keadilan dalam olahraga terus ditegakkan dalam rangka memperjelas semua fakta sesegera dan sepasti mungkin. Pada saat yang sama, asas praduga tak bersalah adalah hak dasar yang harus dipertimbangkan. “Mr Platini belum ditemukan bersalah atas tuduhan apapun, karena itu larangan sementara membahayakan integritas proses pemilihan untuk presiden FIFA, di mana Platini adalah kandidat CSF, dan mengingat fakta itu, kami percaya bahwa sanksi tersebut adalah tidak pada waktunya dan tidak proporsional.

“CSF itu mendesak bahwa skorsing sementara yang dikenakan kepada Mr Platini dipertimbangkan kembali, dan agar Mr Platini diizinkan, dengan jaminan penuh dan tanpa merusak hak-haknya, untuk melanjutkan pencalonannya sebagai calon presiden FIFA. “Sekarang ini merupakan saat-saat penuh cobaan yang menuntut reformasi integral dari FIFA. CSF sepenuhnya percaya pada kapasitas Mr Platini untuk memimpin FIFA dan dunia sepak bola menuju masa depan yang lebih cerah. “Sementara investigasi tetap berlangsung, dan sampai ada alasan yang jelas terbukti untuk mengubahnya, pernyataan di atas merupakan posisi CSF.”

Blatter mengajukan banding atas skorsing yang dikenakan kepadanya pada Jumat lalu, Blatter diduga telah menandatangani kontrak “tidak menguntungkan”dengan Serikat Sepak Bola Karibia pada tahun 2005 yang diklaim oleh para ahli pasar menyerahkan hak siar televisi Piala Dunia hanya untuk sebagian kecil dari nilai pasar. Tawaran Platini untuk menggantikan Blatter sebagai presiden FIFA mulai diragukan menyusul dijatuhkannya skorsing tersebut, dengan adanya laporan yang menunjukkan Komite Eksekutif dapat menunda pemilihan yang dijadwalkan akan dilangsungkan pada Februari 2016. FIFA menegaskan pada hari Jumat bahwa pertemuan luar biasa akan diadakan akhir bulan ini di mana kemungkinan penundaan akan dibahas.

Leave a Reply