Dituding Gelapkan Pajak di Spanyol, Ini Bantahan Mourinho

Juru taktik Manchester United, Jose Mourinho, lewat perusahaan milik agen Transfernya, Gestifute, menuturkan bantahan terkait dengan tudingan penggelapan pajak yang diduga dia lakukan saat masih membesut Real Madrid. Pelatih asal Portugal menegaskan bahwa dia telah membayar semua tanggungan pajak selama berkarir di Negeri Matador dulu.

Dituding Gelapkan Pajak di Spanyol, Ini Bantahan Mourinho

Sebagaimana Laporan yang diturunkan oleh el Pais, pihak Otoritas pajak spanyol menduga bahwa Jose Mourinho telah menggelapkan pajak selama periode 2010 sampai 2013 dengan jumlah yang mencapai angka 3,3 Juta Euro. Meski kini sudah tidak lagi berkarir di Negeri matador, The Special One tetap berpotensi mendapatkan sanksi jika memang terbukti bersalah.

Namun, ditegaskan oleh Gestifute selaku Perusahaan Agensi milik Jorge Mendez, Agen Transfer Jose Mourinho, bahwa pelatih asal Portugal telah membayar setiap pajak yang dikenakan selama berkarir di Spanyol.

“Jose Mourinho faktanya tidak pernah mendapatkan pemberitahuan apapun dari pihak Pajak Spanyol terkait dengan pemberitaan yang terdengar beberapa hari terakhir ini. Sampai hari ini, baik itu otoritas pajak Spanyol atau jaksa penuntut umum belum menghubungi sang pelatih mapun penasihat hukumnya,”

“Jose Mourinho, yang tinggal di Spanyol mulai Juni 2010 hingga Mei 2013, telah membayar pajak senilai lebih dari €26 juta, dengan beban pajak sebesar 41 persen, dan telah menyetujui proposal yang diberikan otoritas pajak Spanyol. Pemerintah Spanyol, melalui departemen pajak, juga telah merilis sertifikat yang berisi pernyataan bahwa Jose Mourinho telah membayar semua biaya pajaknya selama di Spanyol.” demikian tertulis di laman resmi Gestifute.

Sebagaimana diketahui, kasus penggelapan pajak di Spanyol belakangan ini memang mengangkat sejumlah nama pelaku sepakbola. Selain Jose Mourinho, ada juga dua penggawa Barcelona yang sebelumnya telah terbukti bersalah, Lionel Messi dan Javier Mascherano. Bahhkan, beberapa hari yang lalu, bintang besar Real Madrid, Cristiano Ronaldo juga terangkat namanya karena kasus serupa.