Essien Bongkar Gaya Melatih Jose Mourinho

Jose Mourinho adalah salah satu pelatih terbaik dalam satu dekade terakhir ini, tak ada yang bisa memungkiri fakta tersebut, karena dia sudah memenangkan banyak gelar bersama setiap klub yang pernah dibesut. Tentu anda bertanya-tanya, bagaimana bisa dia membuat setiap klub yang dibesutnya akan keluar sebagai juara, entah itu juara Liga Domestik maupun Juara Liga Champions. Nah, ternyata salah satu mantan pemain besutan The Special One, Michael Essien mengutarakan secara terbuka bagaimana resep Mourinho menangani para pemainnya agar bisa mengalami perkembangan.
michael essien
“Dia sangat dekat dengan para pemainnya, dan dia tahu bagaimana cara berbicara dengan mereka. Terkadang, dia akan acuh pada anda, itu hanya untuk membuat anda merasa sedikit marah, dan dengan begitu anda akan berusaha menunjukkan amarah di atas lapangan”

“Dia tidak takut pada siapapun, terkadang dia terlalu jujur mengungkapkan bagaimana diri anda, tapi anda tak harus terlalu serius menanggapi hal tersebut, tapi anda harus membalasnya lewat aksi di atas lapangan, menjadi pemain yang lebih baik lagi, karena hanya itulah yang dia inginkan sebenarnya” Papar Essien yang sekarang berkarir di AC Milan.

Seperti yang kita tahu, Essien memang sudah mengetahui seluk beluk dan watak Jose Mourinho, karena telah bertahun-tahun bersama pelatih asal Portugal itu. Pertama ketika di Chelsea, kemudian Di Real Madrid, sang pemain diboyong ke Santiago Bernabeu dengan status pinjaman.

Saat ini, The Special One kembali menangani Chelsea, dan masih menenpati pucuk klasemen sementara Liga Primer Inggris. Akankah Mourinho berhasil membawa Chelsea juara musim ini?

Leave a Reply