Fabregas Abaikan Kritik Terkait Menurunnya Sumbangan Assist

Cesc Fabregas, saat pertama mendarat di Stamford Bridge usai ditebus Chelsea dari Barcelona pada bursa transfer musim panas tahun 2014 lalu, mantan gelandang Arsenal ini mendapatkan banyak pujian terkait dengan kemampuan adaptasi cepatnya bersama skuat The Blues, padahal ini adalah kali pertama dia bermain dibawah asuhan Jose Mourinho. Fabregas bahkan telah menyumbang 15 assist sejauh ini dari total 25 penampilannya di ajang liga primer Inggris.
cesc fabregas
Tapi semenjak tahun berganti, jumlah assist yang disumbangkan Gelandang Spanyol itu menurun drastis, bahkan terakhir kali dia menyumbang assist adalah dalam laga melawan Swansea City pada Januari lalu.

Namun, kepada London Evening Standard, Fabregas mengaku tak ambil pusing soal kritikan terhadap menurunnya jumlah assist yang ia sumbangkan pada gol demi gol Chelsea. Menurutnya mencatat assist pada posisi yang ia tempat saat ini terbilang sangat sulit karena sejatinya bermain jauh dibelakang striker.

“Jika saya bermain Reguler sebagai gelandang nomor 10, maka adalah hal yang wajar jika kalian menilai performa saya berdasarkan assist yang saya sumbangkan. Tapi sekarang, saya bermain sebagai gelandang Pivot di Chelsea dengan posisi 10 meter dari Gelandang serang dan 20 meter dari striker. Jelas sekali hal tersebut menunjukkan bahwa tak mudah bagi saya untuk mencetak assist”

“karena itu juga saya merasa sedikit heran kenapa saya bisa mencapai jumlah assist sebanyak itu, tapi saya senang dengan posisi yang saya mainkan saat ini. Peran ini adalah peran yang saya mainkan di awal karir, dan sempat saya tinggalkan saat memasuki usia 20 tahun” Ujarnya kepada London Evening Standard.

Leave a Reply