Profil Timnas Korea Selatan

Jelang Piala Dunia Brasil 2014 Korea Selatan kini tidak lagi diperkuat Park Ji – Sung, Pemain paling bersinar dari negeri gingseng tersebut, yang telah menutup karirnya di sepakbola karena cidera berkepanjangan. Namun Korea juga punya Son Heung – Min pemain klub Bayer Leverkusen yang baru berusia 21 tahun. Pemain depan yang sudah 23 kali memperkuat tim nasional itu disebut – sebut sebagai calon pengganti Park Ji – Sung sebagai ikon sepakbola Korea.

90354_timnas_korea_selatan_663_382
Ada Ki Sung – Yeung yang sudah dikenal kalangan sepakbola Inggris, saat bermain untuk Swansea City, sementara kapten tim Lee Chung – Yong diharapkan bisa lebih bagus dari penampilannya di Bolton Wanderers. Kompetisi liga domestik yang kompetitif, serta diperkuat sejumlah pemain yang berpengalaman di liga Eropa dan selebihnya tim Korea banyak diisi pemain – pemain muda dari klub – klub K – League, membuat pelatih Hong Myung – Bo tidak terlalu sulit untuk membuat tim yang kuat dan tangguh.

Tumpuan harapan banyak dibebankan kepada sang pelatih, Hong Myung – Bo. Meski nama Hong tidak setenar pelatih terdahulu nya Guus Hiddink yang telah membawa korea ke semifinal Piala Dunia 2002, setidaknya Hong telah membuktikan kemampuannya membawa Korea Selatan meraih mendali Perunggu Olimpiade 2012.

Semakin mendekati Piala Dunia 2014 , berbagai penampilan di ajang uji coba, Korea semakin menunjukkan bahwa mereka adalah salah satu tim yang wajib diperhitungkan dan tim yang tidak bisa dipandang sebelah mata, oleh tim – tim dari Eropa atau Amerika. Karena Negara yang untuk kedelapan kalinya berturut – turut tampil di putaran Piala Dunia sudah berpengalaman menghadapi tim – tim kelas atas dunia.

Publik Korea sangat berharap setidaknya tim bisa lolos dari group H, bersaing dengan Belgia, Aljazair, dan Russia. Dari hasil babak kualifikasi zona Asia, Korea hanya menjadi runner – up di bawah Iran, dan lolos karena unggul selisih gol dari Uzbekistan.
Tim berjuluk “ Ksatria Taeguk “ memiliki kemapanan sebagai tim kelas atas membuat Korea memandang Piala Dunia 2014 bukan lagi sebagai ajang untuk menimba pengalaman, melainkan sebagai ajang untuk menaklukkan tim – tim kuat manapun.

Susunan tim Korea selatan :
Penjaga gawang : Jung Sung – Ryon ( Suwon Bluewings ), Kim Seung – Gyu (Ulsan Hyundai), Lee Bum – Young (Busan Ipark).
Belakang : Kim Jin – Su (Albirex Niigata), Kim Young – Gwon (Guangzhou Evergrende), Yoon Suk – Young (Qpr), Hwang Seok – Ho (Hiroshima Sanfrecce), Hong Jeong – Ho (Augsburg), Kwak Tae – Hwi (Al Hilal), Lee Yong (Ulsan Hyundai), Kim Chang – Su (Kashiwa Reysol).

Leave a Reply