Profil Timnas Kosta Rika

Pada putaran Piala Dunia 2014 Brasil, Kosta Rika masuk ke dalam group D, group yang di sebut – sebut sebagai salah satu group neraka, karena diisi oleh tim – tim terbaik dan kuat seperti Italia, Inggris dan Uruguay. Ini adalah kali ke empat Kosta Rika merasakan panasnya atmosfer Piala Dunia setelah sebelumnya mereka juga lolos sebagai peserta di tahun 1990, 2002 dan 2006.

kosta-rika-reuters
Tim yang diarsiteki Jorge Luis Pinto di Piala Dunia 2014 Brasil, memang menjadi salah satu kuda hitam. Dengan bermaterikan pemain muda seperti Cristian Gamboa, W. Francis, Y. Tejeda dan J. Campbell yang berlaga di Copa Amerika 2011. Pinto tentu berharap, mereka mampu keluar dari group neraka dan hal ini bisa menjadi kunci kesuksesan pelatih menciptakan sejarah baru untuk Kosta Rika.

Los Ticos yang merupakan julukan tim Kosta Rika, memulai perjuangannya di Piala Dunia Brasil. Kala itu masuk ke dalam negara bagian di zona Karibia bersama El Savador, Guyana dan Meksiko, mereka masuk dalam putaran empat dan berhasil mengamankan posisi runner up dengan perolehan 10 poin selisih 8 angka dari meksiko yang menduduki puncak klasemen.

Kosta Rika adalah salah satu tim terbaik di benua Amerika, walaupun namanya tidak sebesar dan setenar Brasil ataupun Argentina. Mereka sudah membuktikan dengan meraih tiga gelar juara CONCACAF di tahun 1963, 1969 dan 1989. Menjadi juara di tahun 1989 membuat Kosta Rika mendapat tiket untuk pertama kalinya dalam pargelaran Piala Dunia 1990 di Italia, di mana mereka mampu melangkah hingga babak 16 besar.

Berikut adalah 23 pemain Kosta Rika yang berlaga di Piala Dunia Brasil 2014 :
Kiper : Keilor Navas (Levante), Patrik Pemberton (Alajuelense), Daniel Cambronero (Herediano).
Belakang : Johny Acosta (Alajuelense), Giancarlo Gonzales (Columbus Crew), Michael Umana (Saprissa), Oscar Duarte (Brujas), Waylon Francis (Columbus Crew), Heiner Moura (Saprissa), Junior Diaz (Mainz 05), Christian Gamboa (Rosenborg), Roy Miller (Ney York Red Bulls).
Tengah : Celso Borges (AIK), Christian Bolanos (FC Copenhagen), Oscar Esteban Granados (Herediano), Michael Barrantes (AAlesund), Yeltsin Tejeda (Saprissa), Diego Calvo (Valerenga), Jose Miguel Cubero (Herediano).
Depan : Bryan Ruiz (PSV Eindhoven), Joel Campbell (Olympiakos), Randall Brenes (Cartagines), Marco Urena (FC Kuban Krasnodar).

Leave a Reply