Profil Timnas Nigeria

Untuk pertama kalinya sejak tahun 1994 di Amerika Serikat, Nigeria memulai debutnya dalam turnamen Piala Dunia, sebuah awal yang manis. Di mana mereka berhasil lolos ke babak 16 besar setelah mengalahkan Yunani 2 – 0 dan menang atas Bulgaria 3 – 0, walaupun harus kalah dari Argentina dengan skor tipis 1 – 2. Namun di babak 16 besar mereka harus menyerah dari Italia dengan skor 1 – 2 setelah sebelumnya memimpin lebih dulu.

timnas-nigeria
Saat ini tim berjuluk Elang Super terhitung telah mengikuti turnamen sepakbola empat tahunan ini sebanyak lima kali sejak yang pertama pada tahun 1994, 1998, 2002, 20010 dan 2014 di Brasil. Dalam perjalanan menuju Piala Dunia di Brasil 2014, bisa di katakan cukup mulus dan tidak menuai hambatan sedikitpun. Pada babak kualifikasi, Nigeria sukses mengungguli lawan – lawannya seperti Malawi, Kenya dan Namibia. Super Eagles meraih 14 angka tanpa sekalipun mengalami kekalahan sampai mereka mencukur Ethiopia di babak play – off.

Di bawah asuhan pelatih yang di kenal anti basa basi, Stephen Keshi datang dengan misi yang cukup berat. Tergabung dalam group F bersama calon kuat juara Argentina, Bosnia – Herzegovina dan Iran. Di harapkan sang pelatih mampu memberikan sesuatu yang lebih di banding pencapaian mereka sebelumnya.
Keshi pun tidak ragu dalam mencapai misinya, untuk lebih memilih para pemain domestik dan mengorbankan sejumlah pemain bintang yang mereka punya. Keshi menaruh harapan besar kepada John Obi Mikel yang saat ini membela klub Chelsea dalam memimpin rekan – rekannya untuk mencapai misi tersebut.

Ini adalah skuad baru Stephen Keshi di Piala Dunia Brasil 2014 :
Penjaga gawang : Vincent Enyeama (Lille OSC), Austin Ejide (Hapoel Be’er Sheva), Chigozie Agbim (Gombe United FC).
Pemain bertahan : Joseph Yobo (Fenerbache), Elderson Echiejile (AS Monaco FC), Juwon Oshaniwa (FC Ashdod), Godfrey Oboabona (Sunshine Starts), Azubuike Egwuekwe (Warri Wolves), Kenneth Omeruo (Middlesbrough), Efe Ambrose (Celtic), Kunle Odunlami (Sunshine Starts).
Pemain tengah : John Obi Mikel (Chelsea), Ogenyi Onazi (Lazio), Roman Azeez (Almeria), Michael Uchebo (Cercle Brugge), Reuben Gabriel (Waasland – Beveren).
Pemain depan : Osaze Odemwingie (Stoke City), Ahmed Musa (CSKA Moscow), Shola Amoebi (Newcastle United), Emmanuel Emenike (Fenerbache), Babatunde Michael (Volyn Lutsk), Victor Moses (Liverpool), Uche Nwofor (VVV Venlo).

Leave a Reply